Sunday 3 March 2019

LEARNING HOW TO LEARN NHW #5

Setelah malam ini kita mempelajari tentang “Learning How to Learn” maka kali ini kita akan praktek membuat Design Pembelajaran ala kita.
Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan learning how to learn dalam membuat NHW #5.
Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.
Bukan hasil sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.
Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.



Salam Ibu Profesional,




/_Tim Matrikulasi IIP_/

___________________________________________________________




Al-ummu madrasatul ula, iza a’dadtaha a’dadta sya’ban thayyibal a’raq.”


Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.




Sebelum mendidik anak pastinya aku harus pastikan diri aku sendiri mumpuni untuk melakukannya. Sebelum aku mengajari anak, harus aku dulu yang belajar. Dan sebelum mulai belajar aku harus tau cara belajar apa yang tepat untuk diriku.


Sebelum dapat mengetahui cara belajar yang tepat, hal yang harus aku lakukan adalah mengenali potensi diriku sendiri (mengenai potensi diri ada di NHW #3), dengan begitu akan lebih mudah untuk menentukan cara belajar seperti apa yang tepat untuk aku terapkan pada diriku sendiri.


Membuat Desain Pembelajaran

Setelah mendapatkan materi "Belajar Cara Belajar" di minggu kelima ini, saatnya sekarang aku mengerjakan NHW yang menurutku paling bikin aku untuk berpikir keras, paling bikin aku ketik hapus ketik hapus ketik lagi hapus lagi fiuuuhh
Nah sebelum memulai membuat desain pembelajaran, aku mencari tau dulu nih apa makna desain pembelajaran. Dan setelah aku membaca beberapa blog serta artikel terkait, maka aku mendapatkan bahwa, desain pembelajaran menurut para ahli adalah :
1.Proses untuk menentukan metode pembelajaran apa yang paling baik dilaksanakan agar timbul perubahan pengetahuan dan keterampilan pada diri pembelajar ke arah yang dikehendaki (Reigeluth).

2.Rencana tindakan yang terintegrasi meliputi komponen tujuan, metode dan penilaian untuk memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan (Briggs).

3 Proses untuk merinci kondisi untuk belajar, dengan tujuan makro untuk menciptakan strategi dan produk, dan tujuan mikro untuk menghasilkan program pelajaran atau modul atau suatu prosedur yang terdiri dari langkah-langkah, dimana langkah-langkah tersebut di dalamnya terdiri dari analisis, merancang, mengembangkan, menerapkan dan menilai hasil belajar (Seels & Richey AECT 1994).

4.Suatu proses desain dan sistematis untuk menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, serta membuat kegiatan pembelajaran lebih mudah, yang didasarkan pada apa yang kita ketahui mengenai teori-teori pembelajaran, teknologi informasi, sistematika analisis, penelitian dalam bidang pendidikan, dan metode-metode manajemen (Morisson, Ross&Kemp 2007).


Lalu aku coba menyimpulkan bahwa desain pembelajaran adalah rancangan dari proses belajar atau cara belajar.
Setelah berpikir keras, membaca beberapa blog dengan tema terkait dan merenung juga tentunya, akhirnya aku membuat sendiri desain pembelajaran untuk diri sendiri.

Berikut desain pembelajaran yang aku buat untuk diri sendiri




























Alhamdulillah akhirnya selesai juga NHW #5 ku. NHW yang menurut aku paling menantang sekaliii dibanding NHW - NHW sebelumnya. 


Semoga dengan desain pembelajaran ini semakin mempermudah aku untuk mencapai misi hidupku "Menjadi Ibu Profesional yang dapat memberi manfaat serta perngaruh baik untuk orang-orang sekitar"


Aamiin Allahumma Aamiin.....

No comments:

Post a Comment