Saturday 23 February 2019

NHW #4 MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH

Tidak terasa sudah memasuki minggu keempat di kelas Matrikulasi.
Dan materi yang didapat pun semakin kesini semakin "sesuatu" banget hehe. Lewat materi-materi inilah aku merasa hidupku sekarang jauh lebih terarah, dan lebih tertata dari sebelumnya in syaa Allah :)

Setelah mengerjakan NHW #3, aku mulai memahami surat-surat cinta dari Allah untukku yang selama ini Dia selipkan lewat segala hal yang ada di sekelilingku lengkap dengan segala kondisinya. 
Alhamdulillah aku mulai peka akan pesan-pesan yang tersirat dalam segala hal yang telah terjadi dalam hidupku. 
Mengapa Allah menghadirkan aku di dunia ini, mempertemukan aku dengan lelaki yang sekarang menjadi suamiku serta memberi kami amanah berupa seorang anak perempuan yang Ma syaa Allah sempurna menurut kami. Semua pasti ada maksudnya, gak mungkin kan Allah cuma iseng mempertemukan aku dengan lelaki yang sekarang menjadi suamiku. Pasti Allah punya maksud dan tujuan baik mempertemukan kami berdua.
Begitu pula dengan segala hal yang terjadi di hidupku, semua pasti ada maksud dan tujuannya.

Lalu, di NHW #4 ini aku merasa semakin diarahkan untuk menyelami lebih dalam diriku sendiri, dan menemukan serta menentukan apa saja langkah terbaik yang harus aku ambil untuk mengembangkan diri sendiri.
Pada NHW kali ini, aku diajak untuk melihat kembali serta mereview NHW ke-1 sampai dengan NHW ke-3, lalu memadukannya dengan kesadaran bahwa mendidik anak haruslah sesuai dengan fitrah anak yang sudah diberikan Allah Subhanahu Wa Ta'ala sejak mereka dilahirkan ke dunia.






Mengubah Jurusan Ilmu yang dipilih di Universitas Kehidupan


Di NHW #1 aku memilih jurusan Ilmu Sabar & Ikhlas sebagai jurusan yang ingin aku tekuni di Universitas Kehidupan ini. Namun, setelah melewati beberapa minggu di kelas Matrikulasi, dan setelah aku renungi juga tentunya. Aku merasa yakin untuk mengubah jurusan ilmu tersebut ke jurusan 
Ilmu Pengembangan Diri.

Karena setelah aku renungi, Ilmu Pengembangan Diri mencakup juga ilmu sabar & ikhlas didalamnya serta ilmu-ilmu bermanfaat lainnya yang dapat meningkatkan kualitas diri aku sebagai seorang wanita, istri, ibu juga hamba Allah.



Konsisten Melangkah Untuk Memantaskan Diri



Di NHW #2 aku sudah membuat checklist indikator profesionalisme perempuan yang diharapkan dapat menjadi sarana pendukung dalam memantaskan diri demi pertumbuhan karakter yang lebih baik.

Lalu, apakah sudah konsisten menjalani checklist tersebut? Sayangnya belum huhuhu masih ada beberapa point dalam checklist tersebut yang masih belum rutin aku kerjakan :(
Tapi aku sudah bertekad untuk terus memaksakan diri mengerjakan tiap poin yang ada di checklist tersebut.



Menetapkan Misi Hidup, Bidang dan Peran

Sesuai dengan yang pernah aku tulis di NHW #3, in syaa Allah aku mulai memahami maksud Allah Subhanahu wa ta'ala menciptakan aku di dunia ini yaitu untuk menjalankan misi hidup, bidang serta peran tertentu.



Misi Hidup: Menjadi Ibu Profesional yang dapat memberi manfaat serta pengaruh baik untuk orang-orang sekitar, terutama keluarga



Bidang : Pengembangan Diri



Peran : Learner dan Educator




Menyusun Ilmu untuk Menjalankan Misi Hidup

Untuk bisa menjalankan misi hidup tentu saja aku butuh ilmu. Aku perlu tahu ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk dapat menjalankan misi hidup ku.



Ilmu-ilmu yang aku butuhkan, diantaranya:

1. Ilmu Tazkiyatun Nafs
2. Ilmu Manajemen Emosi (didalamnya termasuk ilmu sabar & ikhlas)
3. Ilmu Manajemen Waktu
4. Ilmu Mendidik Anak Berbasis Fitrah
5. Ilmu Teknik Lancar Berkomunikasi
6. Ilmu Bunda Sayang
7. Ilmu Bunda Cekatan
8. Ilmu Bunda Produktif
9. Ilmu Bunda Shaliha
10. Ilmu Muamalah 



Menetapkan Milestone Sebagai Panduan Perjalanan Memenuhi Misi Hidup

Sebelum menetapkan milestone, aku terlebih dulu menentukan batas milestone ini semoga dapat tercapai saat usia ku 35 tahun. Saat ini usiaku hampir 29 tahun, berarti aku punya sisa waktu selama 6 tahun.

Dalam kurun waktu 6 tahun tersebut, aku harus mampu memastikan bahwa 10.000 jam terbang itu dapat terpenuhi. 6 tahun berarti aku punya 2.190 hari yang dimana jika 10.000 jam terbang itu dibagi dengan 2.190 hari maka aku hanya butuh waktu sekitar 4.5 jam per harinya.


Namun mengingat peran aku sebagai ibu, suatu peran yang tidak main-main. Maka aku menetapkan 7 jam sehari sebagai porsi waktu aku untuk belajar serta praktek sehari-hari. Dengan begitu, in syaa Allah aku bisa menguasai semua ilmu ini dalam kurun waktu 4 tahun atau maksimal 5 tahun.

Semua milestone ini in syaa Allah akan dimulai per bulan Maret nanti. Bismillah...


Berikut milestone yang aku tetapkan:



KM 0 - KM 1 (tahun I) Memahami serta mempraktekkan Tazkiyatun Nafs, Manajemen Emosi & Manajemen Waktu



KM 1 - KM 2 (tahun II) Memahami serta mempraktekkan Mendidik Anak Berbasis Fitrah & Teknik Lancar Berkomunikasi



KM 2 - KM 3 (tahun III) Menguasai serta mempraktekkan ilmu seputar Bunda Sayang & Bunda Cekatan



KM 3 - KM 4 (tahun IV) Menguasai serta mempraktekkan ilmu seputar Bunda Produktif & Ilmu Muamalah



KM 4 - KM 5 (tahun V) Menguasai serta mempraktekkan ilmu seputar Bunda Shaliha




Untuk dapat menjalankan milestone ini dan mencapai misi hidup yang telah dibuat, maka aku perlu mengoreksi kembali checklist indikator profesionalisme perempuan yang pernah dibuat ketika NHW #2 sebelumnya. Dan aku perlu mendiskusikan kembali bersama suami untuk memastikan hal ini juga senada dengan misi suami.



Terakhir, untuk memastikan semua terlaksana dengan baik, aku hanya perlu untuk Lakukan, Lakukan, Lakukan, Lakukan !!!




Bismillah....



No comments:

Post a Comment